Keren! Ternyata Inilah 5 Langkah Menjadi Expert di Bidang Apapun!

posted in: Leadership, Motivasi | 0

Seminar Motivasi di Jakarta | Apa yang ada di benakmu, ketika saya menyebutkan nama Michael Jordan, Christiano Ronaldo atau bahkan Raisa Andriana? Apakah seseorang yang jago basket, jago main bola dan juga jago nyanyi? Jika begitu, artinya kamu sepemikiran dengan saya! (: Tapi pertanyaannya, bagaimana ya mereka bisa menjadi EXPERT (ahli) di bidang masing-masing?

Tentu kita semua sudah sadar kalau untuk menjadi seorang yang expert dalam suatu bidang, ada effort atau usaha yang perlu dilakukan. Sebuah kepakaran pasti tidak serta-merta bisa kita dapatkan begitu saja. Nah, berikut ini 5 Langkah Menjadi Expert ala Generasi Berdaya. Check them out!

Pertama: TEMUKAN PASSION

Nama-nama yang saya sebut di awal tulisan ini sudah pasti merupakan orang-orang yang memiliki passion di bidang yang mereka geluti. Passion di sini merujuk pada hal yang paling kita senangi dan kita tidak akan keberatan jika harus melakukannya terus menerus, bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam buku “ON” Kek Jamil Azzaini, beliau mengatakan bahwa melakukan sesuatu tanpa PASSION itu ibarat robot. Hidup hanya asal hidup. Tak ada penjiwaan, tak ada semangat. Yang dilakukan akan terasa hampa juga menjenuhkan.

Maka cara sederhana untuk mengetahui apa PASSION kita, tanyakanlah pada diri sendiri, jauh ke dalam hati kecil kita, “Apa PASSION kita?” Apakah itu menulis, bernyanyi, melukis atau apapun yang kita bisa berlama-lama melakukannya. Sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan. Sesuatu yang membuat kita layak dibayar, atau yang paling ekstrem kita akan melakukannya dengan sukarela. Jika sudah, bisa jadi itulah PASSSION kamu!

Kedua: MILIKI SEORANG MENTOR

Mentor adalah seseorang yang mampu membantu kita menggali lebih dalam tentang kelebihan diri kita. Dan seorang mentor tidak bisa loh dipisahkan dari usaha pencapaian keberhasilan seseorang.

Seorang mentor akan menjelaskan apa saja cara terbaik yang seharusnya dilakukan agar kita tetap pada jalur menuju tujuan kita. Ia juga bakal membimbing kita menemukan cara terbaik yang sebaiknya dilakukan, bahkan melakukan evaluasi. Coba deh cek EXPERT yang kamu tahu. Cari tahu lebih dalam. Pasti ia memiliki seorang mentor! So, siapa nih orang yang bakal kamu jadiin mentor?

Ketiga: BERLATIH 10.000 JAM

Dari penelitian yang dilakukan oleh Malcolm Gladwell, teori 10.000 jam merupakan rahasia sukses seseorang di bidang masing-masing. Teori ini menggarisbawahi bahwa seseorang akan menjadi Expert ketika mereka telah menghabiskan 10.000 jam dalam praktik dan berlatih.

Akan berbeda hasilnya seseorang yang melakukan sesuatu hanya sesekali, dengan mereka yang melakukannya tanpa henti (dalam artian terus berlatih). Dengan terus berlatih, tubuh kita akan semakin mengenal apa yang kita lakukan, sehingga kita pun akan terbiasa dan terasa hampa jika nggak melakukannya.

Nggak ada jalan pintas untuk menjadi seorang expert. Dibutuhkan kerja keras serta kedisiplinan. Dan praktik 10.000 jam semakin menegaskan bahwa “No Pain, No Gain”. Bukankah pelaut tangguh tidak dihasilkan dari ombak yang tenang? (:

Itulah tadi 3 dari 5 Langkah Menjadi Expert di bidang apapun. Lanjut yuk baca yang keempat dan kelima!

Keempat: MEMILIH LINGKUNGAN YANG TEPAT

Jelas, lingkungan bisa jadi tolok ukur diri seseorang. Bukan tidak mungkin, bila kita akan “tertular” dengan orang-orang yang berada di lingkungan yang sama dengan kita. Dan disadari atau tidak, lingkungan memiliki pengaruh kuat dalam upaya kita menjadi seorang expert.

Lingkungan yang tepat akan membantu kita menjaga semangat dan keantusiasan kita dalam mencapai tujuan kita. John C Maxwell pernah mengatakan bahwa; ADA DUA MACAM ORANG. Yang pertama, mereka yang menjadi “angin di bawah sayap kamu” sehingga bisa membuatmu terbang tinggi. Mereka senantiasa mendorongmu untuk melangkah maju menggapai semua potensi maksimal Anda.

Yang kedua adalah mereka yang menjadi “jangkar bagi kapalmu”. Mereka akan membuat kapalmu kandas. Tanpa kita sadari, kehadiran para jangkar ini seringkali membuat kita semakin putus asa dan menyerah ketika masalah datang.

Kelima: FOKUS PADA TUJUAN

Sekuat apapun kita menjaga passion dan berjuang menjadi seorang expert, tidaklah mungkin tanpa disertai dengan FOKUS yang baik. Karena secara teori mungkin fokus terdengar begitu mudah dilakukan. Akan tetapi tidak pada kenyataannya.

Akan banyak godaan yang datang silih berganti, sebagai “ujian” ketahanan diri. Di era yang serba cepat saat ini seseorang sangat mungkin terjangkit virus “ikut-ikutan”. Padahal seseorang yang expert di bidangnya adalah mereka yang mampu mempertahankan niat serta semangat mereka untuk mencapai tujuannya.

Jangan sampai kita terjebak dalam situasi yang membuat kita terhambat atau malah semakin jauh dengan tujuan hanya karena iming-iming kesuksesan lewat jalan pintas. Padahal setiap orang punya perannya masing-masing bukan?

Rasanya sangat beruntung jika seseorang bisa mencapai kata “Expert” dalam bidang yang digelutinya. Sebab artinya, ia adalah seseorang yang kuat karena berhasil melewati banyak hal serta perjuangan yang besar. Menjadi Expert pun menjadikan diri kita memiliki nilai tambah dalam hidup. Menjadi seseorang yang bisa diperhitungkan keberadaannya.

* * *

Semoga tulisan 5 Langkah Menjadi Expert ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan untuk siapa saja yang bersungguh-sungguh dalam meraih tujuan menjadi seorang Expert. Dan ingatlah bahwa; SESEORANG YANG AHLI DI BIDANG APAPUN PADA AWALNYA HANYALAH SEORANG PEMULA.

Be an Expert dan Be the Best Version of You (:

 

Written by,
Eva Saraswaty

Leave a Reply