3 Cara Mengatasi Rasa Takut dalam Public Speaking

posted in: Public Speaking | 0

Training Public Speaking di Jakarta | Workshop Public Speaking di Jakarta | Duluuu, waktu sekolah… saya masih ingat sekali, setiap kali diminta maju oleh guru buat bicara di depan kelas, hati saya selalu dag-dig-dug duer rasanya! Kayak dikejar setan pake sepatu roda. #NgeriAbis sob. Saya terus mencari cara mengatasi rasa takut dalam public speaking, tapi hasilnya nggak banyak saya dapat.

Waktu berlalu, pembelajaran hidup berlanjut, Alhamdulillah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini saya malah fokus di dunia Public Speaking. Saya bisa hadir ke sekolah satu ke sekolah lain, universitas satu ke universitas lain, institusi atau komunitas satu ke yang lainnya, kota satu ke kota yang lain, untuk memberikan pelatihan atau training.

Yang pastinya… menuntut saya untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Pengalaman lapangan saya serta ilmu yang saya dapatkan dari mentor-mentor saya di dunia public speaking, salah satunya Pak Ongky Hojanto – Pakar Public Speaking versi koran Kontan dan penulis buku Public Speaking Mastery, yang akhirnya membuat saya ingin berbagi tentang 3 CARA MENGATASI RASA TAKUT DALAM PUBLIC SPEAKING di artikel ini.

First of all, garisbawahi bahwa rasa takut, grogi, cemas, atau apapun itu namanya, dalam public speaking sangatlah NORMAL a.k.a BIASA a.k.a WAJAR. Mmm.. di artikel ini, kita sepakat pakai kata “ketakutan” aja ya… Ok? Sepakat? Sipppp!

TANDA-TANDA ketakutan itu bisa kita rasakan atau lihat dengan jelas. Seperti misalnya:
1. Hati berdebar,
2. Napas pendek-pendek,
3. Tangan dan kaki bergetar,
4. Keluar keringat dingin, dan
5. Sakit perut.

Familiar dengan hal-hal di atas? 😀

Sambil baca materinya sampai habis, kamu boleh siapin kopi atau cemilan ya. Jangan lupa bagi-bagi.. Hehehe..

Oks. Kita lanjut yaa…

Di kelas ini kan kita bakal ngomongin SOLUSI nih, tapiiii… sebelum ngomongin SOLUSI, ada hal lain nih yang lebih penting untuk dibahas. Tentunya selain 5 TANDA KETAKUTAN PUBLIC SPEAKING yang barusan kita bahas di atas.

Ada yang bisa nebak?

Hayooo… Kira-kira apa yah hal yang nggak kalah penting, yang harus kita temuin dulu sebelum bahas masalah SOLUSI?

Jawabannya adalah PENYEBAB KETAKUTAN itu sendiri.

Ibaratnya dokter nih yaa. Dokter kan kalau ada pasien, pasti nanya dulu keluhannya apa. Betul? Setelah itu biasanya tanya, “Tadi (atau kemarin) habis makan apa?”

Nah, apa yang dilakukan Si Doker ini ya mencari tahu TANDA-TANDA sekaligus potensi PENYEBAB nya, untuk kemudian mencari SOLUSI nya dalam bentuk obat dan perawatan.

Pasti bakal aneh kalau dokternya inisiatif kasih obat atau perawatan yang nggak sesuai. Iya apa iya?

Ayok deh kita bahas PENYEBAB KETAKUTAN PUBLIC SPEAKING dulu…

Menurut pengalaman dan pengamatan saya, ada 3 HAL yang menjadi penyebab ketakutan public speaking:
1, NGGAK PAHAM apa yang akan disampaikan,
2, NGGAK TERBIASA berbicara di depan banyak orang, dan
3, Dikuasai oleh PIKIRAN NEGATIF.

Selengkapnya silahkan baca DISINI yaa:
“Inilah Mengapa Kamu Takut Public Speaking”

Nah, udah tau TANDA-TANDA nya, udah tau PENYEBAB nya, sekarang cari tahu yuk SOLUSINYA…Kita cari tahu gimana cara mengatasi rasa takut dalam Public Speaking.

Siapa yang mau tauuuuu?

Banyak yaaa.. Asyikkkk…

Ini dia 3 CARA MENGATASI RASA TAKUT DALAM PUBLIC SPEAKING:

1. ATUR NAPAS 

Saat merasa takut, hati kita merasa dag dig dug duer, kan? Nah, untuk meredakan detak jantung yang nggak beraturan, pakailah teknik atur napas yang baik. Ambillah waktu sementara untuk bernapas secara perlahan…

Kamu bisa menarik napas melalui hidung. Hidung kamu sendiri ya, jangan hidung orang lain *yaiyalah hahaha.. Tahan selama tiga sampai lima detik, lalu hembuskan sampai benar-benar habis. Keluarkan dari mulut.

Sebelum lanjut baca, coba deh praktikkin dulu.. Cobain, rasain.. Jangan baca doang. UBAH TAU JADI MAMPU. Praktik!

Udah?

Dah nyobain?

Yakin? Pasti? Bener?

Okay, lanjut… Yang praktik beneran saya doakan rezeki lancar, sehat selalu, dan hidupnya berkah. Yang belum praktik gimana? Ya praktik dulu lah, buruan ^^

Kalau udah, ulangi step itu sampai beberapa kali. Saran saya, minimal ulangi sampai 5 KALI.

2. UBAH GERAK FISIK

Anthony Robbins, pelatih sukses No. 1 di dunia, pernah mengatakan “OUR EMOTION IS CREATED BY OUR MOTION.” Perasaan kita dihasilkan oleh gerakan kita.

Kalau kita merasa cemas, takut, kira-kira bahasa tubuh seperti apa yang kita tampilkan?

Betuuuul…

Dagu kita mengarah ke bawah, mulut kita merengut alias susah senyum, bahu kita menutup, tangan kita di dalam, napas kita pendek-pendek. Betul?

Nah, MOTION itu membuat EMOTION kita semakin buruk. Semakin takut, semakin cemas, semakin dag-dig-dug.

Saran saya, saat ketakutan public speaking kamu rasakan, segeralah UBAH GERAK! Yes!

Berdiri dengan tegak, atur napas seperti di poin 1 tadi. Jika sudah merasa lebih rileks, angkat dagumu, paksa dirimu untuk tersenyum yang lebar sampai gigimu terlihat, tahan minimal selama 10 detik. Lalu, buka bahumu, busungkan sedikit dadamu, kalau perlu nih yaa….loncat-loncat lah sambil bergembira.

“Apaan sih, aneh banget deh…”

Mungkin kamu berpikiran seperti itu. Tapi this is a VERY POWERFUL TECHNIQUE! Ini Teknik yang cihuy buat mengusir ketakutanmu. Cobain deh kalo nggak percaya!

Tapiiiii, saat melakukan iniiii.. saran saya, cari tempat yang agak-agak sepi dikit. Karena kalo banyak orang, takut dikira stress kalo senyum-senyum sendiri sambil lompat-lompat :p

3. GUNAKAN TEKNIK VISUALISASI

Aha! THIS IS MY FAVORITE! Sebelum ‘naik panggung’, saya biasanya datang lebih awal untuk melakukan observasi lokasi, media presentasi, posisi duduk, dan lain sebagainya.

Lalu, saya selalu menyempatkan diri untuk duduk rileks, memejamkan mata, mengatur napas dengan teratur.

Kalau sudah, saya membayangkan keseluruhan penampilan saya di atas panggung. Selengkap-lengkapnya, se detil-detilnya. Mulai dari MC memanggil nama saya, saat saya membawakan materi, hingga saat penutupan. Selengkap-lengkapnya, se detil-detilnya.

Saya mencoba membayangkannya secara VISUAL ke dalam otak saya sembari menanamkan sugesti-sugesti positif dalam diri.

“Kan belum mulai, mas?”

Justru itu! Yang saya lakukan adalah mem-VISUALISASI-kan penampilan saya secara keseluruhan dengan positif. Visualiasi positif terbukti menghadirkan aura positif dalam diri dan berujung pada penampilan yang positif pula. Asyik kan? ^^

***

Nah, kawan, itulah yang bisa saya bagikan di artikel ini. Sadar nggak sadar, kamu telah belajar 3 HAL INI:

1) 5 TANDA KETAKUTAN PUBLIC SPEAKING
2) PENYEBAB MUNCULNYA KETAKUTAN PUBLIC SPEAKING
3) 3 CARA MENGATASI RASA TAKUT DALAM PUBLIC SPEAKING

Buat kamu yang ada di Jabodetabek dan mau mengikuti pelatihan Public Speaking atau mengundang saya dan tim Generasi Berdaya untuk mengadakan pelatihan Public Speaking di kampus, komunitas, atau instansimu, kontak kami via DM Instagram @generasiberdaya ya!

Silahkan SHARE jika artikel tentang 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Dalam Public Speaking ini bermanfaat.

 

Written by,
Adi Triasmara

Leave a Reply