Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Humor dalam Presentasi

posted in: Public Speaking | 0

Training Public Speaking di Jakarta | Workshop Public Speaking di Jakarta | Apakah kamu seorang pembicara publik? Apakah kamu sering melakukan presentasi? Apakah profesimu saat ini menuntut kemampuan yang baik dalam hal public speaking? Jika kamu menjawab IYA pada salah satu pertanyaan tadi, coba jawab pertanyaan ini: Apakah kamu menggunakan humor dalam presentasi yang sering kamu bawakan?

Kamu dan saya tentu pernah menghadiri banyak, atau beberapa, sesi presentasi. Setiap presentasi yang kita simak, tentu meninggalkan kesan yang berbeda. Ada presentasi yang membosankan, ada pula yang sebaliknya: mencerahkan, menggugah dan sangat menghibur.

Pengalaman saya di dunia pendidikan dan pelatihan membuat saya menganalisa, mencoba menjawab sebuah pertanyaan. Pertanyaan yang pada dasarnya sangat sederhana:

“Faktor apa saja kah yang membuat presentasi seseorang mencerahkan, menggugah dan sangat menghibur?”

Setelah melakukan pengamatan baik secara langsung dari para pembicara-pembicara yang seminarnya saya datangi, serta secara nggak langsung seperti misalnya melalui video-video TEDTalk, saya mengambil sebuah kesimpulan. Kesimpulan saya pun menjadi semakin kuat setelah saya mencobanya sendiri dan merasakan dampak dahsyatnya. Kesimpulan itu adalah:

Menggunakan HUMOR DALAM PRESENTASI menjadi salah satu kunci sukses bagi setiap pembicara publik.

Jika digunakan secara tepat dan bijak, humor dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi pembicara maupun bagi audiens. Misalnya…

Dengan humor dalam presentasi, pembicara bisa membangun kedekatan dengan audiens. Hal ini sangat penting karena seperti yang pernah disampaikan oleh guru saya, Ongky Hojanto – penulis buku Public Speaking Mastery. Beliau mengatakan bahwa jika audiens sudah mau tertawa bersama kita, maka kita bisa bilang bahwa kehadiran kita sudah diterima oleh mereka. It’s a sign of APPROVAL

Dengan humor dalam presentasi, audiens juga akan terus terhubung dengan kita sebagai pembicara. Seperti yang kita tahu, ENGAGEMENT adalah salah satu faktor yang harus ada dalam setiap sesi presentasi. Nggak hanya itu, kondisi psikis dan fisik mereka juga akan tetap segar serta antusias saat mereka tertawa. Victor Hugo, seorang penulis Perancis pernah mengatakan: “Laughter is the sun that drives winter from the human face.”

Gimana? Seru ya ^^

Lebih serunya lagi, humor juga mampu membantu audiens untuk mengingat poin yang kita sampaikan sebagai pembicara. Tawa sudah terbukti menjadi salah satu media yang mampu meningkatkan memory dan fungsi kognitif seseorang.

Itulah beberapa manfaat super kece yang bisa kamu dan audiens bisa dapatkan melalui humor dalam presentasi. Tapi perlu dicatat juga bahwa humor yang kamu lontarkan sebagai pembicara haruslah humor yang pas kriterianya dan disampaikan pada timing yang tepat. Apa saja kriteria humor yang baik dan bagaimana caranya menyampaikan pada timing yang tepat? Saya akan membahasnya di artikel yang lain karena hal itu membutuhkan pembahasan khusus.

So, pantau terus generasiberdaya.com dan Instagram kami di @generasiberdaya untuk update ilmu-ilmu terbaru seputar public speaking, creative writing, dan leadership ya. Oiya, pada awal Mei 2018, Generasi Berdaya Training Center juga akan mengadakan Workshop Public Speaking di Jakarta untuk pemuda, loh. Stay tuned ya!

Salam sukses!

 

Written by,
Adi Triasmara 

Leave a Reply