Inilah Cara Mudah Melatih Kepekaan Dalam Menulis

posted in: Creative Writing | 0

Kelas Menulis di Jakarta | Bagi sebagian orang, menulis adalah sebuah pekerjaan yang sulit dilakukan. Namun, jika hobi yang berbicara, tentu akan jadi hal yang berbeda.

Bicara soal menulis, tentu kita sudah sangat terlatih sejak duduk di bangku SD hingga SMA, dimana mata pelajaran bahasa Indonesia selalu menugaskan kita untuk mengarang cerita, menulis resensi, berpidato, membuat artikel hingga membuat karya tulis ilmiah.

Sayangnya, banyak orang tidak lagi memanfaatkan dan mengandalkan skill menulis ini selepas sekolah dan terjun ke dunia perkuliahan hingga pekerjaan.

Padahal dengan menulis kita sekaligus berlatih menjadi orang yang lebih PEKA lho! Kok bisa?

Di era millennial yang serba canggih ini, kemampuan menulis sebenarnya sangat dibutuhkan apapun itu jenis pekerjaannya. Kenapa?

Sebab, kini semua orang berusaha mencari tahu setiap hal dengan mengandalkan internet. Maka, saat ini sedang cukup gencar lembaga, komunitas, institusi hingga perusaahaan mencari jasa penulis untuk menuliskan artikel entah tentang promosi usaha, edukasi hingga motivasi.

Nah, untuk dapat menulis hingga mampu membawakan emosi dan penyampaian pesan yang tepat kepada pembaca, maka kita harus melatih kepekaan dalam menulis. Peka menjadi kunci utamanya. Banyak penulis pemula yang semangat menulisnya pudar hanya karena tidak dapat menemukan ide untuk bahan tulisannya.

“Harus mulai dari kata apa?” dan “Mau nulis apaan lagi ya?” menjadi pertanyaan dasar para penulis pemula yang belum berlatih peka nih!

Dengan menjadi pribadi yang peka alias sensitif, kita akan dengan mudah memiliki bahan tulisan setiap harinya. Karena tulisan yang luar biasa terkadang berasal dari hal yang sederhana.

Banyak aspek di sekitar kita yang mungkin saja dianggap sepele oleh orang lain, namun jika kita menuliskannya tentu akan jadi sesuatu yang luar biasa. Seorang penulis sebenarnya tidak akan pernah kehabisan ide, sebab masih banyak hal yang sejatinya belum kita ketahui. Maka berbicaralah melalui tulisan.

Lantas, peka seperti apa sih yang harus kita lakukan? Peka dalam segala hal. Peka sosial, lingkungan, kesehatan, pendidikan hingga politik dan masih banyak lagi.

Karena, seperti yang diucapkan oleh N.R Hart, “Sebagai penulis, kamu berusaha untuk mendengarkan apa yang orang lain tidak katakan. Dan menulis tentang keheningan.”

Maka tidak hanya peka saja, menjadi penulis berarti kita harus menjadi pendengar yang baik juga. Nah! Sekarang waktunya kamu untuk jangan lagi buang kesempatan dan langsung menulis setiap hari, bangun konsistensi dan buatlah orang lain berubah menjadi lebih baik dengan apa yang kamu tulis. Dan, menulislah sekarang juga.

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang entah ada dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah kreativitas ditimbang-timbang.” (Seno Gumira Ajidarma)

Buat kamu yang mau belajar gimana caranya melatih kepekaan dalam menulis, JOIN kelas publik kita yuk! Follow Instagram @generasiberdaya untuk informasi lebih lanjut ^^

 

Written by,
Saskia Ratry Arsiwie

Leave a Reply