Ini Dia Alasan Mengapa Memiliki Cita-Cita itu Penting!

posted in: Motivasi | 0

“If you can DREAM it, you can DO it.” (Walt Disney)

Seminar Motivasi di Jakarta | “Apa cita-citamu saat besar nanti?” adalah satu pertanyaan yang sering kita dengar saat kita masih kecil. Iya atau iya? ^^ Uniknya, pada masa saya kecil dulu, saya dan teman-teman saya memiliki cita-cita yang besar, yang hebat, yang kece. Misalnya, ingin jadi astronot, ingin jadi presiden, bahkan ingin jadi Superman! GOKS!

Kalau kids zaman now, mungkin salah satu cita-cita favorit adalah jadi YouTuber ya. Hehehe..

Well, apapun latar belakang seorang anak, saya mengamati bahwa satu hal yang cenderung sama, meski nggak semua: Anak-anak berani BERMIMPI BESAR.

Namun seiring berjalannya waktu, ada fenomena dimana cita-cita seseorang mulai memudar. Tentu banyak faktornya. Tapi, salah satu diantaranya adalah faktor hilangnya kepercayaan diri bahwa mimpi besar tersebut bisa tercapai. Banyak orang mengatakan pada dirinya sendiri, “Ah, kayaknya nggak mungkin deh”, “Duh cita-citaku ketinggian nih kayaknya”, dan lain sebagainya. Kondisi itu diperburuk lagi dengan ‘sentilan’ orang lain yang biasanya mengatakan “Kalau punya mimpi jangan tinggi-tinggi, nanti kalau jatuh sakit!” Parah!

Kenapa saya bilang parah? Karena peran cita-cita itu sangatlah PENTING dalam kehidupan yang bertumbuh.

Cita-cita bisa menghadirkan harapan dan optimisme, membangun kepercayaan diri, serta menunjukkan arah yang kita tuju dalam kehidupan. CITA, selain berperan layaknya kompas yang menuntun kita untuk sampai pada tujuan hidup, juga berfungsi seperti bahan bakar pada sebuah kendaraan yang terus memberikan kita tenaga dalam menjalani hidup yang penuh tantangan.

Bahkan kalau kita berpikir lebih jauh lagi, semua hal di bumi ini yang dicipatakan oleh manusia, berawal dari CITA atau keinginan. Misalnya, baju. Sebelum dibuat, sang penjahit pasti memiliki gambaran dalam benaknya, seperti apa model baju yang akan ia buat, seberapa kecil atau besar ukuran bajunya, apa saja kombinasi warnanya, dan lain sebagainya. Semua hal terjadi dua kali: Di dalam benak kita, dan di alam nyata.

Cita memberikan gambaran jelas tentang apa yang kita inginkan. Ingatlah kutipan Walt Disney di awal tulisan ini: “If you can DREAM it, you can DO it.”

Pertanyaanya, apakah cita-cita yang saat ini kamu miliki? SHARE jawaban kamu di kolom komentar yaa ^^ Follow juga IG kita di @generasiberdaya.

 

Leave a Reply